Senin, 13 April 2015

Semua Tentang Negara ITALIA





APA ITU NEGARA ITALIA ?

resminya Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica italiana) adalah sebuahnegara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis,SwissAustria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia, dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan. Kawasan pesisir negara ini berhadapan dengan Laut LiguriaLaut TireniaLaut Ionia, dan Laut Adriatik yang kesemuanya berhubungan langsung dengan Laut Tengah. Negara merdeka San Marino, dan Vatikan adalah enklave di Italia, sedangkan Campione d'Italia adalaheksklave Italia di Swiss. Wilayah Italia meliputi kira-kira 301.338 km persegi, dan dipengaruhi oleh iklim sedang. Dengan populasi sejumlah 60,8 juta jiwa, Italia merupakan negara berpenduduk terbanyak kelima di Eropa, dan terbanyak ke-23 di dunia.
Roma, ibu kota Italia, selama berabad-abad lamanya telah menjadi pusat politik, dan keagamaan Barat, yakni sebagai ibu kotaKekaisaran Romawi, dan situs Tahta Suci. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Italia terus-menerus diserang oleh bangsa-bangsa asing, dari orang-orang Jermanik seperti Langobardi, dan Ostrogoth, sampai Bizantium, dan Norman, di samping yang lainnya. Berabad-abad kemudian, Italia menjadi tempat kelahiran republik-republik maritim, dan Renaisans, yakni gerakan intelektual yang penting dalam membentuk pemikiran bangsa Eropa. Pada abad ke-15, seiring meluasnya Renaisans, lagi-lagi Italia menjadi pusat budaya Dunia Barat, tetapi setelah beberapa kali terjadi Perang Italia pada abad ke-16, Italia menjadi di bawah dominasi kuasa asing, yaitu Perancis, Spanyol, dan Austria.
Pada sebagian besar sejarah pasca-Romawi, Italia terpecah-pecah menjadi beberapa kota, dan negara regional (sepertiRepublik VenesiaKerajaan SardiniaKadipaten Milan, dan negara-negara kepausan). Setelah Il Risorgimento, yakni serangkaian kerusuhan atau disebut pula perang kemerdekaan untuk mencapai unifikasi pada tahun 1861, diproklamasikanlah Kerajaan Italia yang hanya bertahan sampai tahun 1946, kemudian diikuti oleh 20 tahun fasisme yang berakhir seiring kekalahan pada Perang Dunia II, Italia kemudian berubah menjadi republik setelah referendum konstitusi. Pada akhir abad ke-19, selama Perang Dunia I sampai Perang Dunia II, Italia memiliki sebuah kekaisaran kolonial.
Italia modern adalah sebuah republik demokratis. Italia menduduki peringkat 24 negara termaju di dunia, dan termasuk dalam 10 besar negara dengan Indeks Kualitas Hidup terbaik di dunia pada tahun 2005.[10] Pada tahun 2010, sebagai ekonomi terbesar ke-8 di dunia, Italia adalah negara dengan standar kehidupan yang sangat tinggiIndeks Pembangunan Manusia-nya mencapai 0,854; dengan angka harapan hidup sebesar 81,4 tahun, dan memiliki PDB per kapita yang tinggi. Italia adalah anggota pendiri Uni Eropa, dan berada dalam Zona Euro. Italia adalah juga anggota G7G8G20, dan NATO. Italia memiliki cadangan emas ketiga terbesar di dunia, PDB (nominal) terbesar ke-8PDB (KKB) terbesar ke-10, dan anggaran pemerintah ke-6 terbesar di dunia. Italia juga merupakan anggota pendiri Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Majelis Eropa, dan Uni Eropa Barat; selain itu Italia turut serta dalamPerserikatan Bangsa-Bangsa, dan Perjanjian Schengen. Italia memiliki anggaran pertahanan terbesar ke-9 di dunia, dan berbagi persenjataan nuklir bersama-sama NATO. Italia memiliki banyak Situs Warisan Dunia menurut UNESCO, dan merupakan negara kelima paling sering dikunjungi di seluruh dunia.
Italia memainkan peran penting dalam militer, kebudayaan, dan bidang diplomasi Eropa, dan dunia. Pengaruh politik, sosial, dan ekonomi negara ini di Eropa menjadikannya sebagai salah satu kekuatan utama di kawasan. Negara ini memiliki taraf pendidikan umum yang tinggi, dan merupakan negara yang sangat global.


SEJARAH SINGKAT ITALIA

ITALIA A. DATA UMUM Nama negara Republik Italia Ibu kota Roma (2,8 juta jiwa penduduk) Penduduk Negara 59.433.744 jiwa, dengan pertumbuhan 0,38% dan kepadatan 196,1 orang per km2. Luas wilayah 301.338 km2 (termasuk Pulau Sisilia 25.707 km2 dan Pulau Sardenia 24.089 km2, tetapi tidak termasuk negara kecil San Marino dan Vatikan) Pulau Sisilia 25.707 km2, Pulau Sardinia 24.089 km2. Terdapat pula pulau-pulau kecil lainnya disepanjang garis pantai semenanjung Italia. Total jumlah pulau Batas Negara Sebelah utara dengan Swiss, Austria, dan Slovenia; sebelah barat dengan Perancis dan Laut Tyrhenia; sebelah selatan dengan Laut Mediterania; dan sebelah timur dengan Laut Adreatik. Kota-kota penting Milan, Napoli, Torino Bahasa resmi Italia Suku bangsa Italia (sekelompok kecil Jerman, Perancis dan Slovenia-Italia di wilayah utara dan Albania-Italia serta Yunani-Italia di wilayah selatan). Agama Katolik Roma 90% (10% penganut Protestan, Yahudi dan Islam). Penganut Islam sekitar 1 juta (3% penduduk asli) Hari Nasional 2 Juni 1946 Angkatan Bersenjata 183.000 jiwa (jumlah personel aktif) Lagu Kebangsaan Fratelli D'Italia (Saudara Italia) Bendera Hijau, Putih, dan Merah (vertikal) Keanggotaan pada Organisasi Internasional Utama PBB, NATO, Uni Eropa, dan G8 (Italia sebagai Presiden thn 2009) 3 Mata uang Euro (€)
Italia menjadi negara bangsa pada tahun 1861 ketika negara-negara bagian (regional states) di wilayah Italia sekarang, bersama dengan Sardinia dan Sisilia, dipersatukan di bawah Raja Victor Emmanuel II. Era Pemerintahan Parlemen berakhir awal tahun 1920-an ketika Benito Mussolini membangun pemerintahan diktator fasis. Persekutuannya dengan Nazi Jerman telah membawa kekalahan Italia pada Perang Dunia II. Republik Demokrasi menggantikan sistem kerajaan pada tahun 1946 dan sejak itu ekonomi Italia mulai bangkit. Italia merupakan anggota pendiri NATO dan Masyarakat Ekonomi Eropa. Italia juga berperan aktif dalam proses penyatuan politik dan ekonomi Eropa. Masalah utama yang dihadapi Italia saat ini antara lain adalah imigran gelap, kejahatan terorganisir, tingginya angka pengangguran, pertumbuhan ekonomi yang lambat, dan perbedaan tingkat kemakmuran antara wilayah bagian utara yang lebih kaya dibanding dengan wilayah bagian selatan yang relatif miskin. Sebagai bekas wilayah kekuasaan Romawi, kota-kota di Italia, terutama Roma memiliki banyak bangunan sejarah dan situs arkeologi yang menarik bagi wisatawan asing. Menurut UNESCO, sekitar 60% peninggalan zaman dahulu terdapat di Italia. Kota Roma dikenal sebagai kota tempat peninggalan Kekaisaran Romawi (27 SM-393 M). Roma didirikan pada tahun 753 SM. Menurut legenda, Romulus dan Remus, dua putera kembar dari Dewa Perang “Mars” diapungkan di sungai Tevere tetapi selamat. Kedua saudara kemudian dibesarkan oleh seekor serigala. Dalam suatu pertikaian, Romulus membunuh saudara kembarnya Remus, dan kemudian mendirikan Roma Quadrata di atas sungai Tevere. Kota Roma saat ini diambil dari nama pendirinya, yaitu Romulus yang merupakan raja pertama di Roma. Pada masa awal sejarahnya, Roma atau Romawi terlibat dalam berbagai peperangan, yang akhirnya dapat berkembang menjadi suatu kekaisaran besar yang meliputi hampir seluruh daratan Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah. Kekaisaran yang luas ini dibagi dalam propinsi-propinsi yang dikepalai oleh gubernur. Pusat pemerintahan berada di tangan Kaisar yang berkedudukan di Roma. Kaisar Romawi yang terkenal antara lain adalah Julius Caesar, Augusto, Trajanus dan Hadrian. Pada tahun 395 AD Kekaisaran Romawi terbagi dua, yaitu Romawi Barat dengan pusat pemerintahan di Roma dan Romawi Timur di Konstantinopel, yang kemudian dikenal dengan Istambul. Saat ini Roma dikenal bukan saja sebagai kota tua tetapi juga kota antik dan bahkan disebut sebagai museum hidup Kekaisaran Romawi.


Contoh peninggalan prasejarah italy yaitu adalah Colloseum in Rome / Kolosium di Roma



Geografi Italia

Italia terletak di Eropa Selatan tepatnya berada di semenanjung Italia. Terdapat beberapa pulau termasuk dua pulau besar yaitu Sisilia dan Sardinia. Letak astronomis Italia terletak antara 35°LU dan 47°LU, dan 6°BT dan 19°BT.
Luas total Italia adalah 301.230 kilometer persegi. Dari luas total, 294.020 km2 merupakan daratan dan 7.210 km2 adalah perairan. Termasuk kepulauan yang ada, Italia memiliki garis pantai dan perbatasan darat sepanjang 7.600 km. Sedangkan Italia berbatasan darat dengan Perancis sepanjang 488 km, Austria sepanjang 430 km, Slovenia sepanjang 232 km, Swiss 740 km, San Marino 39 km, dan Vatikan 3,2 km. San Marino dan Vatikan adalah enklave (negara kantong) Italia.
Pegunungan Alpen terdapat sebagian besar di perbatasan sebelah utara. Gunung tertinggi di Italia adalah Mont Blanc (4.810 m dpl). Sungai terpanjang di Italia adalah sungai Po dengan panjang 652 km, mengalir dari Pegunungan Alpen di perbatasan barat dengan Perancis menuju Laut Adriatik. Lima danau terbesar di Italia adalah danau Garda (367,94 km2), danau Maggiore (212,51 km2, namun dibagi dua dengan Swiss), danau Como (145,9 km2), danau Trasimeno (124,29 km2), dan danau Bolsena (113,55 km2).
Italia terletak di titik pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Afrika yang menyebabkan seringnya terjadi aktivitas gunung berapi. Ada 14 gunung berapi di Italia. Empat diantaranya aktif seperti gunung Etna, gunung Stromboli, gunung Vulcano, dan gunung Vesuvius. Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi aktif di daratan Eropa dan terkenal karena meruntuhkan kota Pompeii dan Herculanum. Beberapa pulau dan bukit diciptakan oleh aktivitas gunung berapi. Terdapat sebuah kaldera besar yang masih aktif yaitu Campi Flegrei di sebelah barat laut Naples.
Lingkungan di Italia
Setelah pertumbuhan industri yang cepat, Italia membutuhkan waktu yang lama untuk menangani berbagai masalah-masalah lingkungan. Setelah beberapa perbaikan, sekarang Italia menempati urutan ke-84 di dunia dalam hal keberlanjutan ekologi. Taman nasional mencakup sekitar 5% dari luas negara. Dalam dekade terakhir, Italia telah menjadi salah satu produsen energi terbarukan (energi alternatif) terkemuka di dunia. Italia menempati peringkat keempat di dunia dalam hal kapasitas energi surya terbesar dan menempati peringkat keenam dalam hal kapasitas energi tenaga angin terbesar pada tahun 2010. Konsumsi energi alternatif mencapai 12% dari total konsumsi energi di Italia dengan target 17% di tahun 2020.
Namun, polusi udara masih menjadi masalah yang cukup parah, terutama di daerah industri di sebelah utara Italia. Italia adalah produsen emisi karbon dioksida terbesar kedua belas di dunia. Kemacetan di daerah metropolitan terus menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan yang parah. Meskipun setelah tingkat asap telah menurun secara dramatis sejak 1970-an dan 1980-an. Fenomena kabut asap semakin jarang terjadi dan tingkat sulfur dioksida menurun.
Banyak sungai dan pesisir yang terkontaminasi oleh aktivitas industri dan pertanian. Karena kenaikan permukaan air, Venesia kerap kali terjadi banjir selama beberapa tahun terakhir. Limbah kegiatan industri tidak selalu dibuang dengan cara yang telah ditetapkan pemerintah.
Italia telah mengoperasikan beberapa reaktor nuklir pada tahun 1963 dan 1990. Namun setelah bencana Chernobyl, program reaktor nuklir ini dihentikan. Pemerintah kembali berencana untuk membangun empat pembangkit listrik tenaga nuklir dengan teknologi dari Perancis. Namun ditolak masyarakat menyusul kecelakaan reaktor nuklir Fukushima.
Deforestasi, pembangunan gedung-gedung secara ilegal, dan kebijakan pengelolaan lahan yang buruk telah menyebabkan terjadinya erosi di daerah pegunungan Italia. Hal ini menyebabkan terjadinya bencana besar seperti banjir Vanjont Dam tahun 1963 dan tanah longsor Messina tahun 2009.
Iklim di Italia
Berkat letak Italia yang berada di semenanjung dan bergunung-gunung, iklim di Italia menjadi sangat beragam. Di sebagian besar wilayah utara dan tengah beriklim subtropis. Sedangkan iklim di lembah Po terdapat musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang sangat panas.
Daerah pesisir Liguria, Tuscany, dan sebagian besar wilayah selatan pada umumnya sesuai dengan iklim di laut Mediterania. Daerah pesisir memiliki musim dingin ringan dan musim panas yang hangat dan kering. Musim panas di dataran rendah bisa sangat panas. Kawasan pegunungan cenderung dingin, basah, dan sering bersalju. Suhu rata-rata pada musim dingin bervariasi dari 0° C di Pegunungan Alpen sampai 12° C di Sisilia. Sedangkan suhu rata-rata pada musim panas berkisar antara 20° C hingga lebih dari 30° C.



Budaya di Italia

Italia telah mengembangkan budaya yang unik selama berabad-abad yang dibentu oleh banyak adat istiadat dan kekuasaan lokal. Selama Abad Pertengahan dan Renaissance, sejumlah bangunan megah menarik para arsitek dan artistis sehingga menghasilkan warisan berupa monumen, lukisan, musik, dan sastra.
Italia memiliki banyak Situs Warisan Dunia UNESCO dan memiliki koleksi karya seni, budaya, dan sastra dari berbagai periode yang berbeda. Italia juga memiliki pengaruh budaya yang luas di seluruh dunia dikarenakan emigrasi besar-besaran yang dilakukan oleh orang Italia. Diperkirakan Italia memiliki 100.000 arsitektur baik berupa museum, istana, bangunan, patung, gereja, galeri seni, villa, air mancur, rumah-rumah bersejarah, dan peninggalan arkeologis.

Arsitektur di Italia
Italia memiliki beragam gaya arsitektur yang tidak hanya diklasifikasikan berdasarkan periode, tetapi juga oleh daerah. Itu dikarenakan dahulu Italia terbagi menjadi beberapa negara regional sampai tahun 1861.
Italia dikenal karena arsitekturnya seperti lengkungan, kubah, dan struktur yang serupa saat zaman Romawi kuno. Gaya konstruksi Italia mempengaruhi desain tempat tinggal para bangsawan terutama di Inggris, Australia, dan Amerika Serikat. Beberapa karya arsitektur Barat terbaik terdapat di Italia seperti Colosseum, Katedral Milan, Katedral Florence, Menara Miring Pisa, dan desain bangunan di Venesia.

Seni Rupa di Italia

Sejarah seni rupa Italia adalah bagian dari sejarah lukisan Barat. Seni Romawi dipengaruhi oleh Yunani dan sebagian merupakan keturunan lukisan Yunani kuno. Namun, lukisan Romawi memang memiliki karateristik yang unik dan penting. Satu-satunya lukisan Romawi yang masih hidup adalah lukisan dinding yang banyak terdapat di Campania, Italia bagian selatan.
Renaissance Italia banyak disebut sebagai zaman keemasan lukisan. Banyak pelukis seperti Paolo Uccello, Fra Angelico, Masaccio, Piero della Francesca, Andrea Mantegna, Filippo Lippi, Giorgione, Tintoretto, Sandro Botticelli, Leonardo da Vinci, Michelangelo Buonarroti, Raphael, Giovanni Bellini, dan Titian mengambil tema lukisan yang tingkatannya lebih tinggi melalui penggunaan perspektif, mempelajari anatomi dan proporsi tubuh manusia, dan melalui berbagai pengembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Michelangelo adalah seorang pematung yang terkenal. Selain itu, banyak juga pematung zaman Renaissance terkemuka lainnya seperti Lorenzi Ghiberti, Luca Della Robbia, Donatello, Filippo Brunelleschi, dan Andrea del Verrocchio.
Sastra dan Teater di Italia
Dasar dari bahasa Italia modern didirikan oleh penyair dari Florentine yaitu Dante Alighieri. Selain itu, banyak sekali tokoh sastra terkenal di Italia seperti Giovanni Boccaccio, Giacomo Leopardi, Alessandro Manzoni, Torquato Tasso, Ludovico Ariosto, dan Petrarch. Ekspresi soneta yang terkenal itu diciptakan di Italia.
Di Italia juga terdapat beberapa filsuf terkemuka seperti Giordano Bruno, Marsilio Ficino, Niccolò Machiavelli, dan Giambattista Vico. Tokoh sastra modern Italia yang meraih Hadiah Nobel adalah penyair nasionalis Giosuè Carducci.
Novel The Adventures of Pinocchio adalah cerita anak-anak paling terkenal di dunia. Ditulis oleh seorang penulis Italia yang bernama Carlo Collodi pada tahun 1883.
Teater Italia dapat ditelusuri kembali ke tradisi Romawi yang sangat dipengaruhi oleh Yunani. Dramawan Romawi cenderung mengadaptasi atau menerjemahkan dari bahasa Yunani. Di Italia masih terdapat teater keliling yang berisi akrobat dan drama yang lucu.

Musik di Italia

Dari musik rakyat sampai klasik, musik selalu berperan penting dalam budaya Italia. Instrumen yang berkaitan dengan musik klasik seperti piano dan biola diciptakan di Italia. Italia memiliki banyak komposer terkenal.
Italia dikenal sebagai tempat kelahiran opera. Opera Italia diperkirakan telah didirikan pada awal abad ke-17 di kota-kota Italia seperti Mantua dan Venesia. Italia memiliki rumah opera terbaik seperti La Scala di Milan.
Diperkenalkan pada awal 1920-an, jazz menjadi populer di Italia meskipun ada kebijakan budaya xenophobia pada rezim fasis. Saat ini, pusat musik jazz yang paling menonjol di Italia adalah di Milan, Roma, dan Sisilia. Italia mulai mengenal musik rock pada tahun 1970-an dengan band seperti PKP dan Goblin. Italia juga merupakan negara yang ikut berperan dalam pengembangan disko dan musik elektronik.
Penulis lagu seperti Giorgio Moroder sangat mempengaruhi perkembangan musik dansa elektronik. Dia telah memenangkan tiga Academy Awards dari musikya. Sekarang, terdapat Sanremo Music Festival, sebuah festival musik pop Italia.



Film di Italia

Sejarah perfilman Italia dimulai beberapa bulan setelah Lumière bersaudara mulai mengadakan pameran film. Film Italia pertama hanya berdurasi beberapa detik yang berisi adegan Paus Leo XIII sedang memberikan berkat bagi kamera. Industri film Italia lahir antara tahun 1903 dan 1908 dengan tiga perusahaan: Societa Italiana Cines, Ambrosio Film, dan Itala Film. Perusahaan lain juga didirikan di Milan dan Naples. Dalam waktu singkat film bisa dijual di luar Italia. Industri Film kemudian digunakan oleh Benito Mussolini, yang mendirikan ulang studio Cinecittà di Roma untuk tujuan propaganda Fasis sampai Perang Dunia II.
Setelah perang, film Italia diakui secara luas dan diekspor hingga sekitar tahun 1980-an. Banyak sekali sutradara film Italia yang terkenal. Pertengahan tahun 1940-an ke awal 1950-an adalah masa kejayaan film Neorealis yang mencerminkan buruknya kondisi pasca perang di Italia.
Sains dan Teknologi di Italia
Galileo Galilei dianggap sebagai bapak ilmu pengetahuan modern. Selama berabad-abad, Italia telah melahirkan beberapa teori ilmiah yang sangat penting seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Leon Battista Alberti berkontribusi dalam bidang biologi, arsitektur, dan teknik.



Olahraga di Italia

Olahraga yang paling populer di Italia adalah sepak bola. Italia telah memenangkan empat Piala Dunia FIFA yaitu pada tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006. Saat ini Italia meraih peringkat kedua sebagai klub paling sukses di dunia setelah Brazil. Klub di Italia telah memenangkan 27 trofi di ajang sepakbola Eropa. Hal ini membuatnya menjadi bangsa yang paling sukses di sepak bola Eropa.
Olahraga populer lainnya di Italia adalah voli, basket, dan rugby. Sepeda balap juga terdapat di negara ini. Giro d’Italia adalah ajang balap sepeda jarak jauh yang terkenal di dunia. Italia menjadi salah satu negara favorit pecinta ski. Rome Masters adalah salah satu turnamen tenis paling bergengsi di dunia. Italia telah menjadi bangsa yang sangat sukses di Olimpiade. Italia juga pernah menjadi tuan rumah dua ajang Olimpiade Musim Dingin (tahun 1956 dan 2006) dan satu ajang Olimpiade Musim Panas (1960). Italia juga akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024.



Fashion dan Desain di Italia

Mode Italia memiliki sejarah panjang dan dianggap sebagai salah satu yang paling penting di dunia. Milan, Florence, dan Roma adalah kota fashion utama Italia. Banyak sekali merek butik terkenal di Italia seperti Gucci, Prada, Versace, Valentino, Armani, Dolce & Gabbana, Missoni, Fendi, Moschino, Max Mara, dan Ferragamo. Majalah Vogue Italia adalah majalah fashion paling bergengsi di dunia.
Italia juga menonjol dalam bidang desain terutama desain interior, desain arsitektur, desain industri, dan desain perkotaan. Saat ini, Milan dan Turin adalah kota yang terkenal dalam desain arsitektur dan desain industri.



Masakan di Italia

Di Italia terdapat masakan yang paling populer di dunia seperti pizza, pasta, gelato, dan espresso. Masakan Italia modern telah dikembangkan selama berabad-abad oleh perubahan sosial dan politik yang dapat ditelusuri sejak abad ke-4 SM. Masakan Italia sendiri mendapat pengaruh dari Etruscan, Yunani kuno, Romawi kuno, Bizantium, dan Yahudi. Perubahan yang signifikan terjadi saat Italia mulai mengenal kentang, tomat, paprika, dan jagung. Masakan Italia terkenal karena keanekaragaman daerah dan kelimpahan perbedaan rasa.





















1 komentar:

WRITE YOUR COMMENTS BELOW